Sabtu, 01 Maret 2014

Abu Vulkanik Untuk Kesuburan Lahan

Kabupaten Temanggung untuk menanam tembakau pada musim 2014. Abu vulkanik dipercaya warga sebagai tanda baik berupa peningkatan kesuburan tanah. Petani semakin antusias menanam tembakau paska hujan abu vulkanik pertengahan Februari 2014. Sebab, abu vulkanik mengandung banyak sekali mineral yang dibutuhkan tanah untuk mengembalikan kesuburan. "Petani tembakau di lereng gunung Sumbing bergairah bercocok tanam pasca hujan abu vulkanik gunung Kelud,".
Disampaikan, kualitas lahan pertanian tembakau di lereng Gunung Sumbing dari tahun ke tahun terus berkurang. Abu vulkanik akan dapat meningkatkan kualitas lahan. Memang petani tiap tahun memberi pupuk kandang dan berbagai bahan mineral untuk peningkatan kualitas, namun tetap saja tidak sebagus abu vulkanik.

Dikemukakan, kini di wilayah tersebut sedang masa pengolahan tanah, maka hujan abu vukanik yang mengguyur daerah itu dinilai tepat. Kandungan abu diharapkan lekas menyatu dan terserap tanah sehingga saat lahan ditanami tembakau, sekitar satu bulan mendatang, sudah berkasiat untuk tanaman tembakau. (Hms14/Paul)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah bersedia meninggalkan komentar